UNIVERSITAS LANGLANGBUANA | Teknik Informatika

Open Hours : Mon - Fri: 8.00 am. - 6.00 pm.

+62 22 4214 230

Sejarah Teknik Informatika

1994

Berdiri

Jurusan Teknik Informatika didirikan pada tahun 1994 berdasarkan usulan Dekan Fakultas Teknik waktu itu. Dr.Ir.H. Habibullah Rois, M.Sc., Ph.D. dibantu oleh Ir.H. Rosad Ma’ali Elhadi, ST., MT., M.PD. untuk membentuk Jurusan Informatika Universitas Langlangbuana.

1994

Pada awalnya pendirian Jurusan Informatika sempat beberapa kali berubah antara program sarjana dan program diploma 3 dikarenakan sulitnya mencari tenaga dosen, dimana pada waktu baru ada 4 orang calon pengajar yaitu Awan Setiawan, Benie Ilman, Dodi Irawan, dan Ima. Setelah mendapatkan tambahan 2 dosen yaitu Trida Wulandari dan Kusmaya tetap saja jurusan informatika belum bisa dibuka dikarenakan masih kurang calon tenaga pengajar yang berpendidikan S2, dimana pada waktu itu syaratnya memiliki minimal 4 orang dosen yang berpendidikan sarjana informatika dan 2 orang minimal berpendidikan Magister informatika.

1996

Terakreditasi

Pada tahun 1995 akhirnya dengan adanya Dr.Ir. Marsudi Kisworo dan 2 orang staf pengajar berpendidikan Magister Informatika yang dibawa Prof. Marsudi dan akhirnya pada tahun 1996 Jurusan Teknik Informatika mendapat ijin dengan status terdaftar oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 039/BAN-PT/Ak-VII/S.1/ XI/2003, tanggal: 6 November 2003.

2004

Masa Sekarang

Jurusan Informatika UNLA bediri tidak terlepas dari sosok seorang Ir. Rosad Ma’ali Elhadi yang begitu gigih untuk mencari staf pengajar dan pengurusan administrasi agar berdirinya jurusan Teknik Informatika. Setelah informatika terdaftar dan menjalan proses belajar mengajar dan menghasilkan beberapa lulusan melalui ujian negara di ITB, pada awalnya Ketua Jurusan dijabat oleh bapak Ir. Rosad Ma’ali Elhadi selama 1 periode. Setelah hadirnya Bapak Dr.-Ing. M. Hendayun, sehingga masa periode ke 2 Jurusan Informatika dijabat oleh Pak Hendayun, periode ke-3 dijabat oleh bapak Benie Ilman, dan periode ke-5 dan ke-6 dijabat oleh Awan Setiawan.

Sejak adanya proses akreditasi pada tahun 2004 informatika mendapat akreditasi B, kemudian reakreditasi pada tahun 2009 mendapat B kembali, dan reakreditasi 2014 mendapat nilai B.

Jurusan Informatika UNLA telah meluluskan sebanyak antara 600an lulusan yang telah bekerja pada beberapa bidang dan ada juga yang menjadi wirausaha. Saat ini jurusan teknik Informatika memiliki +/- 500 mahasiswa dan 19 orang dosen yang berpendidikan S2 dan S3.

Pada tahun 2006 Fakultas Teknik mengusulkan dibuka Program Magister Teknik Informatika, dan pada tahun 2007 sudah mulai melakukan penerimaan mahasiawa baru. Dengan dibukanya program Magister Informatika tidak terlepas adanya dan kemajuan program Sarjana Teknik Informatika UNLA.